Iklan

iklan

OPINI: Mewujudkan Merdeka Belajar Bagi Para Pendidik di Aceh

Infobandaaceh
Monday, September 20, 2021 | September 20, 2021 WIB Last Updated 2021-09-20T08:09:07Z

KOMPETISI Abad 21 mendorong para pendidik untuk dapat meningkatkan kecakapan pembelajaran seperti: collection of information, collaboration, communication, creativity, critical thinking, dan character.

Dalam rangka meningkatkan kompetensi serta kapasitas pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyediakan layanan teknologi berupa akun pembelajaran untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.

Akun ini dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses dan akses layanan pembelajaran bagi Pendidik, Tenaga Kependidikan, Peserta Didik jenjang SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Program Kesetaraan.

Manfaat yang dapat digunakan akun ini di antaranya memiliki penyimpanan cloud tanpa batasan storage, kemudian membuat video pembelajaran, bekerja dengan cara berkolaborasi, video conference tanpa ada batasan waktu, dan juga membuat kelas virtual dengan mudah.

Sejak April saya menyosialisakan akun pembelajaran dalam bentuk pelatihan kepada pendidik untuk mengaktivasi dan memanfaatkan akun belajar.id dengan Google Workspace for Education. Sampai dengan Agustus telah diikuti oleh 541 pendidik.  Pelatihan yang diadakan menerapkan model SAMR (Substitusi, Augmentasi, Modifikasi, Redefinisi) seperti: S-menulis di Google Docs bukan di kertas, A-menggunakan fitur voice typing di Google Docs, M-berkolaborasi di Google Docs, R-hyperdocs.

Dan juga menerapakan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) seperti: T-membuat sites untuk menampilkan berbagai macam bentuk di dunia maya, PA-pembelajaran berbasis project, CK-geometri. Pelatihan yang diadakan mendapat dukungan penuh dari Dinas Pendidikan Aceh, PGRI Aceh, PGRI SLCC,Cabang Dinas Pendidikan Aceh Tenggara serta dari Relawan TIK Aceh.   

Akun belajar.id juga terintegrasi dengan Canva for Education yang mana para pendidik dapat membuat media pembelajaran yang menarik seperti komik, infografis, LKPD, video pendidikan, buletin, secara gratis tanpa harus menjadi desain grafis handal terlebih dahulu.

Loom for Education yang bermanfaat sebagai aplikasi perekam layar dan suara yang dapat dimanfaatkan oleh para pendidik secara gratis dan tanpa ada batasan waktu. Saat ini akun belajar.id juga terintegrasi dengan SIMPKB (Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Profesional Berkelanjutan) dan Portal Rumah Belajar para pendidik. Jadi satu akun belajar.id berjuta manfaat untuk seorang pendidik dan peserta didik. Website akun pembelajaran dapat diakses pada laman  www.belajar.id. []

Penulis:

Dika Tri Andani, M.Pd (Guru Kimia SMAN 1 Leuser Aceh Tenggara)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • OPINI: Mewujudkan Merdeka Belajar Bagi Para Pendidik di Aceh

Trending Now

Iklan

iklan