Iklan

iklan

Cara Menggunakan Bus Trans Koetaradja, Rute dan Lokasi Haltenya

Infobandaaceh
Monday, January 25, 2021 | January 25, 2021 WIB Last Updated 2021-12-06T09:02:56Z

Trans Koetaradja (Dok Infobandaaceh)

BANDA ACEH, infobandaaceh.com - Anda Sedang berada di Banda Aceh? Sedang berlibur atau ada kerjaan yang akan dilaksanakan? Jika anda akan berpergian dalam wilayah Kota Banda Aceh dan ingin menggunakan kenderaan umum, tidak usah khawatir. Sekarang di Kota Banda Aceh sudah tersedia Bus Transportasi Umum yang sampai saat ini masih gratis di gunakan oleh masyarakat.

 

Adalah Bus Trans Koetaradja, merupakan jenis Bus Rapid Transit (BRT) pertama yang digunakan di Kota Banda Aceh. Trans Koetardja telah hadir sejak 2016 menjadi transportasi massal andalan bagi warga di Kota Banda Aceh dan Sekitarnya.


Bus ini memiliki fasilitas yaitu AC kemudian bus juga dilengkapi CCTV untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan penumpang. Bus Trans Koetaradja memiliki kapasitas penumpang hingga 75 orang.

 

Tempat Duduk Dipisah


Tempat duduk di Trans Koetaradja dipisah antara perempuan dan laki-laki, untuk penumpang perempuan duduk di bangku antara bagian depan hingga tengah bus, sedangkan penumpang laki-laki duduk di bagian tengah hingga belakang bus.

 

Bus ini memiliki skala prioritas untuk penumpang. Jika bus sedang penuh, penumpang berkebutuhan khusus seperti wanita hamil, disabilitas, lansia, dan orang yang membawa bayi menjadi prioritas untuk mendapatkan tempat duduk. Setiap bus Trans Kutaraja terdapat seorang supir dan asisten supir (kernet).

 

Hingga awal tahun 2019, terdapat 131 halte Trans Kutaraja yang tersebar di Kota Banda Aceh dan sebagian kecil Kabupaten Aceh Besar. Dalam jadwal yang tertera di setiap halte, bus akan tiba setiap 10 menit sekali.

 

Rute Trans Kutaraja

 

Saat ini jalur transportasi Trans Kutaraja melayani lima rute atau koridor yang akan dilewati, yaitu koridor 1 (Pusat Kota-Darussalam), koridor 2 (Pelabuhan Ulee Lheue-Bandara Sultan Iskandar Muda), koridor 3 (Pusat Kota-Mata Ie), dan koridor 5 (Pusat Kota-Ulee Kareng-Bandara Sultan Iskandar Muda). Sementara koridor 4 ditiadakan karena telah dilewati bus koridor 1 dan 2.

 

Kehadiran Trans Kutaraja di Bandar Udara Sultan Iskandar Muda cukup bermanfaat bagi wisatawan karena memiliki alat transportasi alternatif selain taksi bandara. Apalagi, Trans Kutaraja memiliki rute dari Bandara Sultan Iskandar Muda langsung menuju Pelabuhan Ulee Lheue.

 

Selain sebagai sarana transportasi, beberapa halte Trans Kutaraja juga diletakkan berdekatan dengan beberapa destinasi wisata di Kota Banda Aceh, seperti Museum Aceh, Museum Tsunami, dan Masjid Raya Baiturrahman.

 

Jadwal Operasi

 

Trans Kutaraja dioperasikan setiap hari mulai pukul 06.00 - 20.00 WIB. Untuk saat ini, Anda tidak dikenakan biaya untuk menaiki Trans Kutaraja.

 

Lokasi Halte Trans Koetaradja

 

Lokasi halte trans koetardja dapat dilihat pada link berikut ini


Untuk jadwal Trans Koetaradja Koridor.I (Keudah-Darussalam) bisa dilihat pada link ini

 

Dikarenakan masa pandemi Covid-19, maka ada beberapa penyesuaian yang dilakukan oleh Operator Bus Trans Koetaradja pada masa "New Normal". Berikut informasinya dalam bentuk gambar yang diambil dari Instagram @transkoetaradja_aceh. 


 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cara Menggunakan Bus Trans Koetaradja, Rute dan Lokasi Haltenya

Trending Now

Iklan

iklan