Iklan

iklan

Belajar Dari Peristwa Bus Terbakar, Begini Cara Pencegahan Mobil Terbakar di SPBU

Infobandaaceh
Monday, March 22, 2021 | March 22, 2021 WIB Last Updated 2021-03-22T03:13:07Z
BANDA ACEH - Ketidakpahaman memunculkan petaka, misalnya mobil terbakar ketika mengisi bahan bakar di SPBU.


Kejadian seperti ini sangat berbahaya karena tidak hanya berdampak kerugian material, tapi juga mengakibatkan korban jiwa padahal mobil terbakar di SPBU dapat dihindari.

Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Banda Aceh memberikan tips agar tidak terjadi terbakar mobil saat di lingkungan SPBU.

 

1. Mematikan mesin mobil

Ini prosedur standar yang selalu diingatkan oleh petugas SPBU.

Mesin mobil yang menyala bisa memicu terjadinya percikan api saat bertemu uap bensin apalagi bila mobil mengalami masalah kelistrikan, seperti kabel busi bocor dan lain-lain.

 

2. Jangan gunakan ponsel

Uap bahan bakar sanggup menjalar dari celah antara nozzle pengisian dan lubang tangki bensin yang sedang melakukan pengisian bahan bakar, saat bertemu energi listrik dari sinyal ponsel uap bahan bakar bisa menimbulkan kebakaran.

 

3. Jaga jarak aman

Pengguna mobil menjaga jarak aman dengan mobil lain di SPBU, andai saja terjadi kebakaran, jarak aman memungkinkan kendaraan lain menghindar.

 

4. Kecepatan maksimal 10 km/jam

Saat memasuki SPBU, segera kurangi kecepatan mobil hingga di bawah 10 km/jam dan cukup sekitar 5 km/jam saja di area dispenser bahan bakar.

Pengaturan kecepatan penting untuk menghindari resiko kecelakaan di dalam SPBU, termasuk akibat fatal akibat tabrakan itu.

 

5. Siapkan alat pemadam api

Tidak ada salahnya menyiapkan alat pemadam api ringan (APAR) di dalam mobil, dengan begitu pengguna bisa memberikan pertolongan pertama pada mobil yang terbakar agar tak ada korban jiwa.

 

6. Lepaskan safety belt

Alasannya sederhana saja, jika sampai ada kondisi darurat, semua penumpang bisa keluar dari mobil dengan cepat. Karena panik, penumpang justru kesulitan membuka safety belt.

 

7. Perhatikan nozzle pengisi dan lubang tangki

Pastikan nozzle pengisi bensin menyentuh mulut lubang tangki bensin untuk menghindari timbulnya listrik statis yang bisa menyulut api.

Pastikan pula operator SPBU tidak mengangkat nozzle jika masih ada bensin yang menetes dan menunggu hingga bensin benar-benar berhenti mengalir.

 

8. Menjaga kondisi mobil

Jangan sampai ada kerusakan pada mobil, seperti kabel busi bocor, yang sanggup memicu kebakaran di pom bensin. Oleh sebab itu, pastikan mobil selalu dalam kondisi prima (Damkar Banda Aceh)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Belajar Dari Peristwa Bus Terbakar, Begini Cara Pencegahan Mobil Terbakar di SPBU

Trending Now

Iklan

iklan