Iklan

iklan

Twitter Kembali Hadirkan Verifikasi Centang Biru, Kapan?

Infobandaaceh
Thursday, November 26, 2020 | November 26, 2020 WIB Last Updated 2020-12-17T04:25:50Z
JAKARTA - Twitter sempat menghentikan sementara program verifikasi akun pada tahun 2017. Kini pemilik akun Twitter bisa kembali mendaftar untuk mendapatkan centang biru pada tahun 2021.

Dalam blog post, Twitter mengatakan sistem verifikasi ini akan memiliki kebijakan baru. Untuk merancang kebijakan ini, media sosial berlogo burung ini meminta masukan dari publik.


"Kebijakan ini akan menjadi dasar untuk perbaikan di masa mendatang dengan mendefinisikan apa yang dimaksud dengan verifikasi, siapa yang berhak diverifikasi, dan kenapa beberapa akun dapat kehilangan verifikasinya - untuk memastikan proses tersebut berjalan dengan adil," tulis Twitter dalam blog post-nya, seperti dikutip detikINET, Kamis (26/11/2020).

Twitter mengumumkan saat ini sudah ada enam kategori 'Notable Accounts' yang bisa mendaftar untuk mendapatkan centang biru yaitu:

- Lembaga pemerintah

- Perusahaan, Merk dan Organisasi Non-profit

- Media

- Hiburan

- Olahraga

- Aktivis, Penyelenggara, dan Individu Berpengaruh Lainnya

Masing-masing akun memiliki ketentuan tersendiri agar bisa diverifikasi. Misalnya untuk akun pemerintah harus pernah diberitakan di situs milik pemerintah atau di media.

Twitter juga menambahkan kriteria untuk mencabut tanda centang biru secara otomatis jika akun tersebut tidak aktif atau profilnya tidak lengkap.

Aturan ini juga berlaku untuk akun terverifikasi yang kedapatan melanggar peraturan Twitter berulang kali.

Untuk memberikan masukan kepada Twitter tentang sistem verifikasi akun, pengguna bisa mengisi survei singkat atau mengunggahnya lewat cuitan dengan tagar #VerificationFeedback.

Periode pemberian saran ini dibuka hingga 8 Desember 2020 dan kebijakan yang final akan diumumkan pada 17 Desember 2020.


"Menuju tahun 2021, kami berkomitmen untuk menyediakan lebih banyak cara kepada pengguna dalam mengidentifikasikan diri melalui profil mereka, seperti misalnya tipe akun dan label. Kami akan memberikan informasi lebih lanjut beberapa minggu ke depan," pungkasnya.

Ke depannya, Twitter mengatakan verifikasi dan tanda centang biru tidak akan menjadi satu-satunya cara untuk membedakan akun-akun di platform-nya.

"Menuju tahun 2021, kami berkomitmen untuk menyediakan lebih banyak cara kepada pengguna dalam mengidentifikasikan diri melalui profil mereka, seperti misalnya tipe akun dan label. Kami akan memberikan informasi lebih lanjut beberapa minggu ke depan," pungkasnya.

Sumber : Detik.com

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Twitter Kembali Hadirkan Verifikasi Centang Biru, Kapan?

Trending Now

Iklan

iklan