Iklan

iklan

Cara Lapor Bansos Tidak Tepat Sasaran, Awas BLT BBM Malah Diterima Si Kaya

Infobandaaceh
Tuesday, September 13, 2022 | September 13, 2022 WIB Last Updated 2022-09-13T02:53:22Z


Selain BBM subsidi disebut tidak tepat sasaran, bansos pun mengalami hal yang sama. Lalu bagaimana cara lapor bansos tidak tepat sasaran ke Kemensos?

 

Sebagaimana kita ketahui, bansos 2022 terbaru diberikan sebagai wujud pengalihan subsidi BBM. Penyaluran bansos ini masih ditangani oleh Kementerian Sosial RI seperti ketika pandemi.

 

Mungkin Anda pernah jumpai tetangga, saudara, atau orang-orang di sekitar lingkungan, menerima bantuan sosial. Padahal kondisi ekonomi mereka sebenarnya tidak layak untuk menerima bantuan.

 

Dan sebaliknya, ada warga yang seharusnya mendapat bansos Kemensos tapi ternyata tidak menerimanya. Bansos yang tidak tepat sasaran ini bisa terjadi karena ketimpangan data.

 

Maka dari itu Kemensos menyediakan fitur untuk lapor bansos tidak tepat sasaran di aplikasi Cek Bansos.

 

"Aplikasi Cek Bansos merupakan terobosan dari permasalahan data selama ini, yakni adanya orang yang berhak mendapatkan bantuan, tapi tidak dapat (exclusion error), dan ada yang tidak berhak, tapi mendapatkan bantuan (inclusion error)," tulis akun Instagram @kemensosri (5/9/2022).

 

"Dengan adanya menu ini, masyarakat bisa mendaftarkan atau menyanggah diri sendiri, keluarga atau orang lain yang berhak dan tidak berhak mendapatkan bansos sesuai dengan wilayah masing-masing," tambahnya.

 

Cara Lapor Bansos Tidak Tepat Sasaran

 

Sebelum mengetahui cara lapor penerima bansos yang tidak tepat sasaran. Ketahui juga fungsi fitur-fitur di aplikasi Cek Bansos.

 

  • Cek menu Profil
    Pada menu ini terdapat username, profil status bantuan sosial (bansos) yang menampilkan daftar keluarga yang terdaftar dalam DTKS.
  • Lanjut ke menu Cek Bansos
    Menu ini diperuntukkan untuk mencari daftar nama penerima bantuan sosial dengan cara memasukkan nama bersangkutan dan wilayah.
  • Menu Tanggapan Kelayakan
    Pada menu ini data penerima manfaat akan ditampilkan sesuai daftar yang bertempat tinggal di satu kelurahan yang sama dengan pemilik akun.

 

Cukup mudah, berikut langkah lapor bansos tidak tepat sasaran di aplikasi Cek Bansos:

 

Pemilik akun bisa melakukan tanggapan untuk menilai layak atau tidaknya bantuan sosial yang diberikan kepada penerima manfaat yang berada dalam satu desa atau kelurahan yang sama dengan pemilik akun.

  • Buka aplikasi Cek Bansos
  • Registrasi akun baru, jika anda belum memiliki
  • Aplikasi akan menampilkan daftar anggota keluarga sesuai data DTKS
  • Jika ingin menyanggah karena anggota keluarga itu bukan orang yang layak mendapat bansos dan bukan anggota keluarga tersebut, pilih opsi "Bukan Keluarga"

 

Selain itu, anda juga dapat menilai kelayakan penerima bansos di lingkungan sekitar dengan melihat di menu "Tanggapan Kelayakan".

  • Jika ada orang yang dinilai tidak layak mendapat bansos, pilih ikon "Like" atau "Dislike".
  • Isi alasan mengapa orang tersebut tidak layak.
  • Centang pernyataan "Saya telah memberikan tanggapan secara jujur dan benar".
  • Lalu kirim tanggapan tersebut.

 

Menu Daftar Usulan

 

Menu ini memuat daftar usulan penerima bantuan sosial yang telah ditambahkan oleh pemilik akun.

 

Pemilik akun dapat mendaftarkan dirinya, keluarga, atau masyarakat lain pada tombol "Daftar Usulan", kemudian Isi Data yang Diperlukan Sesuai Data Kependudukan.

 

Hal yang terpenting, pastikan aplikasi Cek Bansos yang anda download berasal dari developer resmi Kementerian Sosial.

 

Seperti itu cara lapor bansos tidak tepat sasaran ke Kemensos. Semoga penyaluran BLT BBM kali ini efektif dan bermanfaat untuk yang benar-benar membutuhkan.

 

Sumber : suara.com

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cara Lapor Bansos Tidak Tepat Sasaran, Awas BLT BBM Malah Diterima Si Kaya

Trending Now

Iklan

iklan