Iklan

iklan

Peluang Membuka Usaha Bengkel Motor Di Desa Juah Dari Kota

Infobandaaceh
Tuesday, February 1, 2022 | February 01, 2022 WIB Last Updated 2022-02-01T13:11:40Z

LANGSA - Sekarang ini banyak sekali masyarakat yang mempunyai kendaraan sepeda motor untuk kebutuhan sehari-harinya. Sepeda Motor adalah alat transportasi andalan masyarakat dalam kegiatan sehari-hari.

Motor adalah kendaraan roda dua yang digerakkan oleh sebuah mesin, itulah yang membedakan dengan sepeda biasa. Sepeda motor dengan mobil sama-sama digerakkan oleh mesin, namun banyaknya rodanya berbeda.

Kedua kendaraan bermotor ini memiliki fungsi, manfaat, dan kegunaaan bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.


Sepeda motor saat ini boleh dibilang menjadi salah satu kebutuhan manusia yang penting banget sehingga kalau pun gak bisa membeli motor baru, orang akan membeli sepeda motor bekas.

Ini menandakan betapa vitalnya peran sepeda motor bagi manusia dewasa ini, karena punya pengaruh penting juga terhadaap perekonomian dan pekerjaan.

Seiring meningkatnya angka penjualan sepeda motor, terus mendorong kemunculan peluang bisnis turunan yang cukup menjanjikan, salah satunya jasa bengkel sepeda motor.

Tak hanya manusia saja yang perlu melakukan perawatan diri, kendaraan motor pun demikian. Tujuannya tentu saja agar kendaraan roda dua tetap prima ketika digunakan.

Di Gampong Cinta Raja hampir 80 persen masyarakatnya mempunyai kendaraan sepeda motor. Jika dilihat banyaknya pengguna sepeda motor di Gampong Cinta Raja tidak tutup kemungkinan untuk membuka peluan usaha bengkel service di Gampong ini.

Dengan harapan masyarakat menggunakan jasa service kendaraannya dibengkel ini. Yang secara otomatis menambah ingkam pendapatan dari mekanik pemilik bengkel.

Adapun jenis service yang sering dibutuhkan oleh pengguna sepeda motor Gampong Cinta Raja yaitu service mesin, kaburator, menyetel rantai, ganti oli, dan lain-lain yang membutukan tenaga mekanik.

Gampong Cinta Raja ini berjarak 8 Km dari pusat Kota. Gampong Cinta Raja merupakan gampong yang termasuk dalam wilayah Kota Langsa Kecamatan Langsa Timur. Adapun jarak tempuh yang dilalui untuk menuju pusat kota sekitaran 15-20 menit lamanya.

Feriansyah (28 tahun) adalah nama pemilik bengkel Sepeda Motor satu-satunya di Gampong Cinta Raja. Pemilik bengkel ini adalah seorang wirausaha muda yang usaha bengkel nya sudah berjalan kurang lebih 5 tahun.

Feriansyah menegaskan bahwa usaha bengkelnya jauh dari kata kelengkapan, tetapi untuk kebutuhan kecil seperti busy, rantai, ban dan lain-lain sudah disediakan dibengkel tersebut. Selain itu juga adanya jasa service misalnya kaburator, setel rantai, bahkan yang terberat bongkar mesin sepeda motor mampu dilaluinya.

Usaha ini dijalankan seorang diri dia sebagai pemilik sekaligus mekaniknya. Untuk saat ini feriansyah belum sanggup untuk menggaji karyawan dalam membantu pekerjaaanya, karena penghasilan yang didapat tidak menentu.

Penghasilan yang terima tidak menentu, bisa saja dalam sehari itu feriansyah tidak mendapatkan uang sedikitpun.

Pencapaian penghasilan yang paling banyak didapat feriansyah sebesar Rp 300.000,- perharinya. Walaupun demikian feriansyah senang melakukan usaha nya untuk membantu masyarakat Gampong ini yang membutuhkan jasanya.

Selain modal apalagi yang perlu diperhatikan ketika membuka bengkel? Feriansyah mengatakan bahwa modal besar belum tentu bisa membuat bisnis bengkel maju.

Pasalnya, hal terpenting dalam merintis usaha bengkel motor adalah keterampilan montir. Feriansyah mengatakan juga bahwa mencari mekanik yang handal tidaklah mudah.

Penulis Oleh Beby Noviola
Mahasiswi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Langsa
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peluang Membuka Usaha Bengkel Motor Di Desa Juah Dari Kota

Trending Now

Iklan

iklan