Iklan

iklan

Mengabdi Bersama Indonesian Youth Action di Barat Indonesia

Infobandaaceh
Monday, September 13, 2021 | September 13, 2021 WIB Last Updated 2021-09-18T04:44:24Z
SABANG - Indonesian Youth Action (IYA) Adalah Organisasi Yang Bergerak di Bidang Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Partisipasi Pemuda Dan Pemudi Se Indonesia Yang Turun Langsung Ke Daerah yang Selama Ini Masih Kurang dijangkau Karena Keadaan Geografisnya

Program kerja Indonesian Youth Action yaitu Action Youth. Action Youth 2 yang diselenggarakan tahun ini mengajak Pemuda/Pemudi Mengunjungi Daerah-Daerah Terpencil Indonesia Dan Tinggal Selama Beberapa Hari Untuk Mengeksplore Dan Mengadakan Kegiatan Sosial Guna Membawa Perubahan Baik Bagi Daerah Tersebut, yang Pada Kesempatan Ini diselenggarakan di Desa Jaboi, Sabang, Aceh.

Berbagai macam bidang divisi yang dilakukan oleh para volunteer seperti divisi kesehatan, divisi pendidikan, divisi lingkungan, dan divisi pariwisata dan ekonomi kreatif.

Aksi yang dilakukan oleh volunteer juga ada beragam sesuai dengan bidangnya karena setiap divisi memiliki program kerja yang berbeda.

Program kerja ini disesuaikan dengan kondisi desa pengabdian. Selain itu program kerja yang dibuat berlandaskan dari poin-poin dalam SDGs, Sehingga program kerja yang diberikan tepat sasaran.

Divisi lingkungan memiliki program kerja antara lain: 1) Edukasi sampah sejak dini kepada anak-anak desa Jaboi, 2) penanam mangrove bersama ikatan pemuda sabang, 3) Pembuatan ember tumpuk sebagai solusi sampah organic, 4) Pengolahan sampah plastic menjadi ecobricks, dan 5) Penyuluhan Rumah Pangan Lestari (RPL) sekaligus pemberian bibit sayur gratis.

Divisi pendidikan memiliki program kerja antara lain: 1) Edukasi Pendidikan seperti pelatihan upacara bendera, literasi dengan membaca buku bersama, 2) Sekolah alam,3) Pembuatan batik jumputan, 4) Pojok baca, dan 5) Nonton bareng film inspirasi.

Divisi kesehatan memiliki program kerja antara lain: 1) medical checkup untuk masyarakat Desa Jaboi, 2) Sikat gigi bersama anak-anak desa Jaboi, dan 3) Edukasi tentang stunting.

Divisi Ekonomi Pariwisata Kreatif memiliki prpgram kerja antara lain: 1) Pembuatan video promosi pariwisata desa Jaboi, 2) Pembuatan produk sambal berbahan dasar ikan bekerjasama dengan umkm Nusantara Aceh besar, 3) kunjungan ke umkm desa Jaboi, dan 4) mengadakan acar festival untuk delagasi action youth 2 dan masyarakat disana. 

Program-program kerja yang telah dibuat, diharapkan dapat memberikan manfaat bukan hanya pada saat program kerja tersebut terlaksana, tetapi bisa tetap dilanjutkan agar manfaatnya bisa terasa sampai anak cucu. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mengabdi Bersama Indonesian Youth Action di Barat Indonesia

Trending Now

Iklan

iklan