Iklan

iklan

Situs Kejagung Diretas, Pelakunya Remaja 16 Tahun

Infobandaaceh
Saturday, February 20, 2021 | February 20, 2021 WIB Last Updated 2021-02-20T14:05:35Z


Jakarta -
Tim Kejaksaan merespon cepat terkait adanya informasi penjualan database Kejaksaan RI di raidforums.com.

"Dari penelusuran didapatkan total database yang diperjualbelikan sebesar 500 Mb dengan total line data base sebanyak 3.086.224 dan dijual seharga 8 Credit (Sekitar Rp400.000)," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam keterangannya yang diterima InfoPublik, Jumat (19/2/2021).

Leonard memastikan, setelah dianalisa berdasarkan data yang diperoleh, diketahui bahwa sumber data yang dijual merupakan data yang ada pada Website Kejaksaan RI dengan tautan https://www.kejaksaan.go.id dan sifatnya terbuka untuk umum atau publik dan tidak terhubung secara langsung dengan data base kepegawaian yang ada pada aplikasi Simkari.

Berdasarkan data sample yang diperoleh dapat diketahui bahwa data yang dijual merupakan data akun admin web Kejaksaan RI yang menunjukkan username dan password yang kemungkinan menggunakan algoritma hashing password, daftar pegawai Kejaksaan RI, informasi perkara yang memang dikonsumsi oleh masyarakat, dan juga command line pelaku dalam melakukan dumping data pada Website Kejaksaan RI.

Tim Kejaksaan melakukan investigasi dan pemeriksaan terhadap beberapa pengguna dari yang namanya tercatat di dalam data tersebut. Didapat kesimpulan bahwa user tersebut adalah user untuk masuk ke dalam website Kejaksaan.

Tim Kejaksaan pun memancing yang bersangkutan dengan membeli data base Kejaksaan RI di raidforums.com dan mendapatkan data kejaksaan yang dijual dalam bentuk file csv.txt 259,127 Kb dan file bin.txt sebesar 244,900 Kb dengan total line data base sebanyak 3.086.224.

"Dari penelusuran didapatkan identitas pelaku dengan inisial F, username, twitter, group : INDOGHOSTSEC, telegram/whatsapp, dan website yang bersangkutan," terang Leonard.

Bekerjasama dengan Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN), serta komunitas hacker didapat sumber data baru berupa identitas diri dari MFW, NIK, tempat tanggal lahir (16 Tahun) dan alamat di Lahat, Sumatera Selatan.

"Tim Kejaksaan Agung pada hari Kamis tanggal 18 Februari 2021 dibantu Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Selatan dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Lahat berhasil menemukan dan mengamankan MFW di Lahat, Palembang dan selanjutnya bersama orang tuanya dibawa ke Kejaksaan Agung guna dilakukan penelitian," jelas dia.

Jaksa Agung Burhanuddin pun memberikan kebijakan kepada pelaku MFW untuk tidak dilakukan proses hukum dengan beberapa pertimbangan.

Salah satunya, MFW saat ini masih berusia muda (16 tahun) dan masih sekolah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di daerah Palembang.

"MFW pun telah berjanji dan membuat surat pernyataan tidak lagi mengulangi perbuatannya," kata Leonard.

Selain itu, orang tua MFW pun telah membuat surat pernyataan akan mendidik dan mengontrol anaknya untuk tidak melakukan perbuatan peretasan sebagaimana dimaksud. (Kominfo RI)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Situs Kejagung Diretas, Pelakunya Remaja 16 Tahun

Trending Now

Iklan

iklan