Iklan

iklan

Pemuda Aceh Naik Vespa Ziarah ke Makam Pejuang Aceh di Blora "Pocut Meurah Intan"

Infobandaaceh
Sunday, February 21, 2021 | February 21, 2021 WIB Last Updated 2021-02-21T08:15:42Z
BANDA ACEH - Langit mendung hujan rintik-rintik tidak menyerutkan langkah saya @rahmatatjeh_ untuk bergerak ziarah ke makam pejuang Aceh di Blora "Pocut Meurah Intan" perjalanan menggunakan motor Vespa classic dari Aceh pada tanggal 28 September 2020 dan sudah melewati 8 dari 10 provinsi di pulau Sumatera dan 6 provinsi di pulau jawa. 

Alhamdulillah tepatnya pada tanggal 19 Februari 2021 Vespa saya @rahmatatjeh_ dan teman perjalanan @kim_cat1991 memutarkan rodanya di kabupaten Blora, Jawa tengah dan jauh-jauh hari sebelumnya kami sudah merencanakan riding ke blora untuk ziarah ke makam pahlawan pejuang Aceh yang diasingkan oleh Belanda di Blora.

"Pocut Meurah Intan" atau nama panggilan lain Pocut Meurah Biheu, Biheu adalah sebuah kenegerian yang pada masa Kesultanan Aceh berada di bawah wilayah Sagi XXXI Mukim, Aceh Besar, Syukur dengan takdir Allah semuanya berjalan dengan lancar langkah kami untuk ziarah ke makam beliau yang berada di desa Temurejo, sekitar 5 km arah utara alun-alun kota Blora. 

Intan permata tetap selalu bercahaya meskipun sudah tertimbun lamanya oleh masa, sama halnya seperti pejuang Aceh masa Belanda "Pocut meurah intan".

Beliau termasuk tokoh dari kalangan kesultanan Aceh yang paling anti terhadap Belanda, Hal ini di sebutkan dalam laporan "Kolonial Verslag tahun 1905", bahwa hingga awal tahun 1904 satu-satunya tokoh dari kalangan kesultanan Aceh yang belum menyerah dan tetap bersikap anti terhadap Belanda adalan Pocut Meurah Intan.

Pocut Meurah Intan di asingkan ke Blora di Pulau Jawa oleh Pemerintah Hindia Belanda tanggal 6 Mei 1905 dan Pocut Meurah Intan berpulang ke rahmatullah pada tanggal 20 September 1937 di Blora, Jawa Tengah dan dimakamkan di sana, Sekarang namanya diabadikan sebagai nama Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan di Seulawah, Aceh Besar. []
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemuda Aceh Naik Vespa Ziarah ke Makam Pejuang Aceh di Blora "Pocut Meurah Intan"

Trending Now

Iklan

iklan