Iklan

iklan

Baitul Mal Kota Luncurkan ATM Beras Untuk Fakir Miskin, Ini Lokasi dan Kapasitasnya

Infobandaaceh
Sunday, January 24, 2021 | January 24, 2021 WIB Last Updated 2021-01-24T08:39:38Z

Baitul  Mal Kota Banda Aceh bekerjasama dengan PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) Aceh meluncurkan mesin ATM Beras berlokasi di Keudah, Kantor Baitul Mal Kota Banda  Aceh

BANDA ACEH,
infobandaaceh.com - Baitul  Mal Kota Banda Aceh bekerjasama dengan PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) Aceh meluncurkan mesin ATM Beras berlokasi di Keudah, Kantor Baitul Mal Kota Banda  Aceh, Jumat (22/1/2021). Di tempat yang sama pula, dilaksanakan penandatangan MoU antara Baitul Mal Kota Banda Aceh dengan PT Bank Syariah Mandiri.

Peresmian dan uji coba dilakukan Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah, SE, Ak, MM, dihadiri oleh Ketua Dewan Pengawas, Ketua Badan Baitul Mal Kota Banda Aceh, Asqalani, S. TH, MH beserta Anggota Badan BMK, Kepala Sekretariat BMK, Wahyudi S. STP, M.Si serta jajaran ASN BMK, dan Region Head/Area Manager Mandiri Syariah, Firmansyah serta staff dan penerima manfaat ini.

Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah SE, Ak, MM mengatakan, Baitul Mal Kota Banda Aceh mendapatkan kesempatan untuk menempatkan ATM Beras dan Pemko Banda Aceh merupakan kabupaten/kota yang pertama sekali dipercayakan untuk mengelola ATM Beras ini di Aceh.

“Kita mengajak kepada para muzakki ataupun orang yang mempunyai kemampuan untuk berinfaq melalui program ATM beras ini. Bisa berupa beras maupun setoran uang tunai yang nantinya nominal uang tersebut dapat digantikan dalam wujud beras,” jelas Aminullah.

Ia juga berharap ATM Beras ini dapat membantu masyarakat Banda Aceh dalam memenuhi kebutuhan pokoknya, terutama lagi di masa pandemic covid 19 ini.

“Kami selaku Pemerintah Kota Banda Aceh mengucapkan terimakasih kepada Bank Syariah Mandiri yang telah memberikan kesempatan untuk Baitul Mal Kota untuk menempatkan dan mengelola ATM Beras ini, dan ini yang pertama di Aceh.

Semoga kita terus bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri, saling menunjang dan mendukung sehingga BSM bisa lebih banyak lagi memberikan kontribusi pembangunan dan pembiayaan untuk kota ini,” ungkapnya.

Aminullah juga menambahkan, mengenai regulasi atau mekanisme penggunaan ATM Beras ini akan diatur lebih lanjut oleh Baitul Mal Kota Banda Aceh siapa yang berhak menerima bantuan bahan pokok beras ini.

Sementara itu, Firmansyah selaku Area Manager Bank Syariah Mandiri Area Aceh mengatakan sejalan dengan maqashid (tujuan) syariah, Mandiri Syariah  ingin keberadaannya membawa manfaat untuk masyarakat termasuk masyarakat kurang mampu.

“Dengan ATM Beras ini Mandiri Syariah ingin meringankan beban masyarakat kurang mampu melalui penyediaan beras sebagai bahan makanan pokok,” ujarnya.

Ia menyebutkan, ATM Beras Mandiri Syariah mampu menampung beras dengan kapasitas 250 liter dan mempunyai keunggulan mudah dioperasikan, dan juga mudah dalam perawatannya.

Adapun untuk penerimanya, Firmansyah menjelaskan, para penerima atau calon penerimanya ini adalah yang ditetapkan oleh Baitul Mal Kota Banda Aceh.

“Jadi bagi mustahik yang sudah ditetapkan oleh Baitul Mal Kota dan yang sudah terdaftar ini nantinya dapat mengambil beras di ATM Beras ini hanya dengan menggunakan kartu ATM Beras atau KTP elektronik,” papar Firmansyah.

Ketua Badan Baitul Mal Kota, Asqalani menambahkan, untuk lebih memudahkan masyarakat berdonasi, berinfak, sedekah, zakat, Baitul Mal Kota menyediakan layanan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) dan QRIS ini dapat dilihat dan diakses di website Baitul Mal Kota.

“Sebelumnya kita akan mendata terlebih dulu, warga mana saja yang kurang mampu dan yang berhak menerima manfaat ini, kita berikan beras secara gratis dan mengambil sendiri di ATM Beras ini. Mekanisme pengambilannya akan kami atur secepat mungkin,” katanya.

“Semoga keberadaan ATM Beras ini dapat membantu masyarakat dan menjadi kontribusi Baitul Mal Kota dalam program Pemerintah Kota untuk mengentaskan kemiskinan,” pungkas Asqalani. (MR/Hz)

DISKOMINFOTIK BANDA ACEH

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Baitul Mal Kota Luncurkan ATM Beras Untuk Fakir Miskin, Ini Lokasi dan Kapasitasnya

Trending Now

Iklan

iklan