Iklan

iklan

Fitur Baru WhatsApp Bikin HP Anti Lemot, Ini Caranya

Infobandaaceh
Sunday, November 15, 2020 | November 15, 2020 WIB Last Updated 2020-12-17T04:25:53Z
JAKARTA - Salah satu penyebab utama kenapa HP jadi lemot atau lambat adalah karena terlalu banyaknya file seperti gambar dan video yang membuat storage internal penuh. Fitur Baru WhatsApp ini bisa menjadi salah satu solusinya.

Lantaran menjadi aplikasi messaging terpopuler, WhatsApp selalu digunakan. Selain untuk mengirim dan menerima pesan, juga foto dan video yang membuat memori HP penuh.

Kadang-kadang hal itu tidak disadari sampai HP menjadi lemot karena WhatsApp secara default menyimpan file foto dan video ke storage HP.

Sebelumnya, membersihkan file yang ditimbun WhatsApp harus dilakukan secara manual. Namun sekarang, dalam pembaharuan WhatsApp versi 2.20.205.13, WhatsApp memudahkan proses itu lantaran langsung bisa dilakukan melalui aplikasi.

Fitur ini resmi telah diumumkan pada awal November silam, namun baru beberapa hari belakangan disebar secara luas termasuk untuk para pengguna WhatsApp di Indonesia.

Biasanya update semacam ini akan langsung ter-download secara otomatis ke aplikasi atau jika belum, dapat pula update sendiri di Play Store.

"Kami telah mempermudah peninjauan, menghapus item secara massal, dan mengosongkan ruang," tulis WhatsApp. Nah, untuk menggunakan fitur ini sangatlah mudah:

Buka WhatsApp -> Tekan Settings (untuk pengguna Android tekan ikon tiga titik di sudut kanan atas terlebih dulu) -> Pilih Data and Storage -> Tekan Manage Storage

WhatsApp
Tampilan fitur baru WhatsApp. Foto: dok. detikINET

Dari sini, kita bisa melihat kapasitas memori internal dan seberapa besar ruang yang dihabiskan data dari WhatsApp.

Tampilannya cukup jelas dan tidak ribet untuk mengoperasikannya. Manage Storage akan menampilkan tinjauan dari item yang patut dihapus.

Lalu, ada kategori foto atau video yang paling banyak di-forward, file lebih dari 5 MB dan chat dengan ukuran data percakapan terbanyak. Pengguna WhatsApp bisa memilih satu persatu atau menyorot semua item untuk dihapus.

Cara Menghentikan Auto Download WhatsApp

Meski ukurannya tidak begitu besar, foto, gambar meme atau video yang dikirim lewat WhatsApp memang tanpa sadar bikin ruang penyimpanan penuh.

Selain menghapusnya dengan fitur baru di atas, ada pula opsi untuk mencegah auto download jika memang menginginkannya.

Secara default, WhatsApp mendownload otomatis foto atau video ke dalam ponsel. Tapi pengguna bisa mengatur agar semua itu tidak otomatis langsung terunduh.

Keuntungannya selain tak bikin memori ponsel cepat penuh, dapat pula menghemat kuota data. Caranya tidak sulit.

iOS

- Buka WhatsApp, tekan Setting/Pengaturan di pojok kanan bawah
- Pilih Data and Storage Usage/ Penggunaan Data dan Penyimpanan
- Klik Photo pilih opsi Never
- Agar maksimal, lakukan hal yang sama pada Video, Audio dan Document

- Buka WhatsApp, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas Android

- Pilih Settings
- Pilih Data and Storage Usage/ Penggunaan Data dan Penyimpanan
- Pilih opsi Saat Menggunakan Data Seluler, diikuti tekan centang Foto, Video, Audio dan Document agar centang itu hilang.
- Lakukan hal yang sama pada opsi Saat Terhubung dengan WiFi dan Saat Roaming.

Dari sini, jika hal di atas dilakukan, maka semua konten, baik foto, video, audio maupun dokumen tidak terdownload secara otomatis sehingga tidak membuat memori internal ponsel penuh.

Sumber : Detik.com

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Fitur Baru WhatsApp Bikin HP Anti Lemot, Ini Caranya

Trending Now

Iklan

iklan