Iklan

iklan

15 Cara Mudah dan Efektif Mengecilkan Perut Buncit

Infobandaaceh
Wednesday, August 3, 2022 | August 03, 2022 WIB Last Updated 2022-08-03T03:50:16Z


Memiliki perut buncit menjadi pertanda bahwa adanya lemak berlebih pada perut Anda. Hal ini mungkin mengganggu keseharian Anda, terutama jika ukuran celana atau membuat pakaian Anda terasa kencang.

 

Salah satu jenis lemak perut atau lemak visceral, merupakan faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kondisi lainnya. Kondisi ini akan berbahaya jika dialami oleh mereka yang terlihat kurus.

 

Beberapa orang menilai untuk menghilangkan lemak perut adalah hal yang sulit dilakukan.


Dilansir dari Healthline, (24/2/2020), berikut 15 cara mudah dan efektif untuk mengecilkan lemak perut yang membuat perut Anda membuncit.

 

1. Makan banyak serat larut

 

Serat larut dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi penyerapan kalori. Cobalah untuk memasukkan banyak makanan berserat tinggi dalam diet penurunan berat badan Anda.

Sumber serat larut yang sangat baik adalah biji rami, mi shirataki, kubis Brussel, alpukat, polong-polongan, dan blackberry.

 

2. Hindari makanan yang mengandung lemak trans

 

 

Beberapa penelitian telah mengaitkan asupan lemak trans yang tinggi dengan peningkatan lemak perut. Terlepas dari apakah Anda mencoba menurunkan berat badan, membatasi asupan lemak trans adalah ide yang bagus.

 

Untuk membantu mengurangi lemak perut dan melindungi kesehatan Anda, baca label bahan dengan hati-hati dan jauhi produk yang mengandung lemak trans. Ini sering terdaftar sebagai lemak terhidrogenasi parsial.


3. Jangan minum alkohol terlalu banyak

 

Asupan alkohol yang berlebihan telah dikaitkan dengan peningkatan lemak perut. Jika Anda perlu mengurangi lingkar pinggang Anda, pertimbangkan untuk minum alkohol secukupnya atau berpantang sepenuhnya.

 

4. Makan makanan berprotein tinggi

 

Banyak penelitian observasional menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak protein cenderung memiliki lebih sedikit lemak perut daripada mereka yang makan diet rendah protein.

 

Makanan berprotein tinggi, seperti ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan, sangat ideal jika Anda mencoba menurunkan berat badan di sekitar pinggang.

 

5. Kurangi tingkat stres

 

 

Stres dapat meningkatkan penambahan lemak di sekitar pinggang Anda. Meminimalkan stres harus menjadi salah satu prioritas Anda jika Anda mencoba menurunkan berat badan.

 

Untuk membantu mengurangi lemak perut, lakukan aktivitas menyenangkan yang menghilangkan stres. Berlatih yoga atau meditasi bisa menjadi metode yang efektif.


6. Jangan banyak makan makanan manis

 

Asupan gula yang berlebihan adalah penyebab utama kenaikan berat badan pada banyak orang.

Batasi asupan permen dan makanan olahan tinggi gula tambahan.

 

7. Lakukan latihan aerobik (kardio)

 

Latihan aerobik adalah metode penurunan berat badan yang efektif. Studi menunjukkan itu sangat efektif untuk melangsingkan pinggang Anda.

 

Setidaknya Anda bisa melakukan aerobik selama 300 menit per minggu untuk hasil yang memuaskan.


8. Kurangi karbohidrat olahan


Zat makanan penghasil energi adalah karbohidrat, protein, dan lemak.(Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI)

 

Asupan tinggi karbohidrat olahan dikaitkan dengan lemak perut yang berlebihan. Pertimbangkan untuk mengurangi asupan karbohidrat Anda atau mengganti karbohidrat olahan dalam diet Anda dengan sumber karbohidrat sehat, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, atau sayuran. 

 

9. Lakukan latihan angkat beban

 

Latihan kekuatan dapat menjadi strategi penurunan berat badan yang penting dan dapat membantu mengurangi lemak perut.

Studi menunjukkan latihan angkat beban bahkan lebih efektif dalam kombinasi dengan latihan aerobik.


10. Hindari minuman yang dimaniskan dengan gula

 

Menghindari semua bentuk gula cair, seperti minuman yang dimaniskan dengan gula, sangat penting jika Anda mencoba menurunkan berat badan.

 

Contoh minuman yang dimaniskan dengan gula yakni soda, punch, teh manis, dan campuran alkohol yang mengandung gula.

 

11. Banyak tidur yang nyenyak

 

Kurang tidur dikaitkan dengan peningkatan risiko kenaikan berat badan.

 

Dengan melakukan tidur berkualitas tinggi atau tidur nyenyak yang cukup harus menjadi salah satu prioritas utama Anda jika Anda berencana untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan Anda.

 

Dianjurkan untuk tidur minimal 7 jam per malam, dengan kondisi nyenyak.


12. Lacak asupan makanan dan olahraga Anda

 

 

Alat pelacak makanan yang akan Anda makan dapat membantu Anda melihat asupan protein, karbohidrat, serat, dan zat gizi mikro.

 

Banyak juga yang memungkinkan Anda merekam latihan dan aktivitas fisik Anda.

 

13. Makan ikan berlemak setiap minggu

 

Makan ikan berlemak atau mengonsumsi suplemen omega-3 dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

 

Beberapa bukti juga menunjukkan hal itu dapat mengurangi lemak perut pada orang dengan penyakit hati berlemak.

 

Usahakan untuk mendapatkan 2-3 porsi ikan berlemak per minggu. Pilihan jenis ikan berlemak yakni ikan salmon, ikan haring, ikan sarden, ikan kembung, dan teri.


14. Berhenti minum jus buah

 

Dalam hal penambahan lemak, jus buah bisa sama buruknya dengan soda manis. Pertimbangkan untuk menghindari semua sumber gula cair untuk meningkatkan peluang Anda berhasil menurunkan berat badan. 

 

Satu porsi 8 ons (240 mL) jus apel tanpa pemanis mengandung 24 gram gula, setengahnya adalah fruktosa .

 

Untuk membantu mengurangi kelebihan lemak perut, ganti jus buah dengan air, es teh tanpa pemanis, atau air soda dengan irisan lemon atau jeruk nipis.


15. Makan makanan probiotik atau minum suplemen probiotik

 

Mengonsumsi suplemen probiotik dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan yang sehat. Studi juga menunjukkan bahwa bakteri usus yang bermanfaat dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan.

 

Mereka yang terbukti mengurangi lemak perut termasuk anggota keluarga Lactobacillus, seperti Lactobacillus fermentum, Lactobacillus amylovorus dan terutama Lactobacillus gasseri.

 

Sumber : kompas.com

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 15 Cara Mudah dan Efektif Mengecilkan Perut Buncit

Trending Now

Iklan

iklan