Iklan

iklan

Ini Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Bikin Umur Kita Lebih Panjang

Infobandaaceh
Wednesday, July 6, 2022 | July 06, 2022 WIB Last Updated 2022-07-06T01:26:33Z

 


Semua orang tentu ingin sehat dan berumur panjang. 

 

Namun, memiliki umur panjang tidak bisa didapatkan begitu saja. Pasalnya, meski faktor keberuntungan dan genetika berpengaruh, menerapkan kebiasaan sehat berperan lebih besar di dalamnya.

 

Nah, sebenarnya ada beberapa kebiasaan sehari-hari sederhana yang dapat membuat kita hidup lebih lama. Berikut daftarnya.

 

Melakukan flossing setiap hari

 

Dokter dan penulis buku The Great Age Reboot Dr. Michael Roizen M.D., mengatakan bahwa membersihkan gigi memakai benang gigi (flossing) penting untuk mengurangi peradangan.

 

Bakteri mulut yang tumbuh pada sisa makanan yang tersangkut di antara gigi dapat bermigrasi ke aliran darah, memicu peradangan yang merusak lapisan arteri dan penumpukan plak.

 

Hal ini dapat membuat arteri menjadi kaku, menyempit dan terjadi serangan jantung, stroke, dan demensia.


Ganti roti dan pasta menjadi whole wheat

 

Menurut Roizen, salah satu kebiasaaan yang membantu seseorang panjang umur adalah mengonsumsi karbohidrat kompleks dan lemak sehat.

 

Gula dan karbohidrat sederhana yang ditemukan di roti dan pasta memang dapat meningkatkan gula darah dan memicu peradangan.

 

Nah, whole grains dan serat merupakan salah satu bentuk karbohidrat yang dapat mengurangi peradangan dan baik bagi kesehatan otak dan jantung. 

 

Selain dari whole grain, kita juga bisa mendapatkan karbohidrat dari sumber lain yang lebih sehat, misalnya beras merah, beras cokelat, bekatul, dan lainnya.

 

Sumber : kompas.com

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ini Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Bikin Umur Kita Lebih Panjang

Trending Now

Iklan

iklan