Iklan

iklan

12 Cara Promosi yang Efektif Agar Jualan Laris Manis

Infobandaaceh
Monday, May 30, 2022 | May 30, 2022 WIB Last Updated 2022-05-30T05:47:14Z

 

dok : Pixabay

Promosi adalah salah satu aktivitas penting dalam dunia pemasaran. Tujuan dari kegiatan promosi adalah untuk menarik minat pelanggan sehingga mau membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

 

Untuk melakukan promosi produk atau jasa, tentu saja pelaku usaha harus memiliki strategi yang jelas untuk meningkatkan penjualan. Misalnya menggunakan strategi promosi secara langsung.

 

Adapun strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai media. Mulai dari promosi atau penjualan produk secara langsung, penjualan jarak jauh (telemarketing), hingga menggunakan media sosial.

 

Dari ketiganya, strategi promosi langsung menggunakan teknik pemasaran di media sosial atau media digital adalah yang paling cocok digunakan saat ini.

 

Selain lebih murah, promosi melalui media digital juga dianggap lebih efektif, lebih cepat, dan lebih tidak terbatas dibandingan dengan jenis promosi lainnya.

 

Di media sosial, pelaku usaha atau perusahaan dapat menjalin interaksi secara luas dengan berbagai kalangan, dengan biaya yang murah dan visibilitas yang tinggi.

 

Pengaruh teknologi sangat memungkinkan untuk orang-orang di dunia maya melalui ponsel atau laptop dapat melihat produk atau jasa yang dipromosikan.

 

Cara promosi produk yang efektif

Dikutip dari laman Gramedia.com, sebuah bisnis akan mendatangkan keuntungan menjanjikan jika promosi dilakukan dengan benar. Karena manfaat dari promosi benar-benar menjanjikan, maka pelaku usaha harus memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

 

Berikut ini adalah beberapa cara promosi yang dapat dilakukan untuk produk online atau nyata agar lebih banyak menarik pelanggan:

 

1. Memberikan diskon atau potongan harga

Harga masih menjadi faktor utama bagi konsumen maupun penjual yang ingin melakukan transaksi pembelian. Karena itu, promo atau potongan harga pastinya akan selalu ditunggu-tunggu oleh para customer.

 

Potongan harga tentunya dapat diberikan untuk segala jenis bisnis online, seperti bisnis thrifting, jual makanan, snack, pakaian, hingga furniture.

 

2. Memberikan gratis ongkir

Anda yang menggunakan aplikasi online shop untuk mencukupi kebutuhan dengan membeli sejumlah produk, pastinya selalu menantikan adanya free ongkir.

 

Maka dari itu, Anda sebagai marketer dapat menawarkan free ongkir untuk memikat lebih banyak pembeli. Tidak hanya konsumen saja yang akan mendapatkan keuntungan, tetapi juga value lebih saat membeli produk.

 

3. Menawarkan cashback

Cashback atau uang kembali menjadi incaran para pembeli. Cashback tidak bisa diberikan secara cuma-cuma kepada semua pembeli sebab terdapat syarat dan ketentuan tertentu yang harus diikuti. Misalnya, minimal pembelian pada sebuah nominal tertentu.

 

Meskipun begitu, cashback tetap dapat menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan jumlah pembelian pada produk Anda. Ketika Anda mengunjungi marketplace besar atau online shop, cashback yang ditawarkan pastinya ada.

 

4. Mengadakan flash sale

Flash sale merupakan metode penjualan yang dilakukan dalam waktu singkat, seperti namanya. Jumlah barang terbatas dengan harga yang murah.

 

Karena sistemnya adalah siapa cepat dia dapat, banyak calon konsumen yang tentunya tidak ingin melewatkan hal tersebut. Buktinya, flash sale benar-benar berhasil menggebrak pasar dan membuat produk selalu diminati layaknya kacang goreng.

 

5. Buy one get one

Pastinya, Anda akan merasa senang ketika mengeluarkan uang untuk membeli satu produk saja, tetapi justru mendapatkan tambahan satu produk lagi. Keuntungan menjadi dua kali lipat, bahkan dapat menghemat pengeluaran.

 

Konsumen akan untung jika membeli produk beli satu gratis satu. Tidak masalah saat penjual menggunakan cara ini untuk memperkenalkan produk baru sambil mendapatkan profit yang lebih baik di waktu mendatang.

 

6. Memberikan hadiah

Hadiah adalah sesuatu yang istimewa dan dapat membuat seseorang bahagia saat menerimanya. Cara promosi ini adalah dengan memberikan gift sebagai gandengan untuk produk yang akan dijual.

 

Sebenarnya, banyak sekali jenis hadiah yang dapat dijadikan gandengan suatu produk. Misalnya, Anda membeli HP dan mendapatkan softcase sebagai hadiah yang dapat melindungi barang tersebut dari goresan atau keretakan.

 

Toko busana, aksesoris, atau produk-produk kecantikan biasa memberikan souvenir cantik untuk mereka yang sudah memutuskan untuk membeli. Pastinya, waktu berbelanja akan terasa lebih menyenangkan dan berharga.

 

7. Mengumpulkan poin rewards

Promosi ini dapat dilakukan melalui customer loyalty program. Artinya, konsumen loyal yang membeli produk Anda harus mendapatkan penawaran khusus terkait reward ini.

 

Strategi promosi ini sudah dilakukan oleh pelaku bisnis. Misalnya, Anda yag memiliki usaha pencucian mobil. Anda bisa membagikan kartu promo khusus, sehingga setiap kali pelanggan, mereka akan mendapatkan stiker khusus untuk dikumpulkan.

 

8. Memakai voucher dan kode promo

Di era yang semakin modern ini, e-voucher mulai digunakan untuk menggantikan voucher bisnis. Ini dapat dibuktikan dari pelaku bisnis yang membagikan voucher dari tokonya melalui email.

 

Dengan memanfaatkan strategi promosi ini, Anda akan memiliki peluang tinggi untuk meningkatkan pendapatan (revenue). Apapun bisnis yang dijalankan, peluang tinggi tersebut tetap bernilai besar dan berperan penting.

 

9. Memberikan garansi

Ketika membeli barang-barang elektronik, Anda pastinya sudah sering dipertemukan dengan istilah garansi. Garansi dapat membuat konsumen merasa lebih aman dan tenang saat membeli suatu produk.

 

Jenis garansi yang ditawarkan memiliki bermacam-macam jenis, yakni kualitas barang, keaslian barang, hingga harga yang bersaing. Upaya ini dapat dilakukan sesuai dengan jenis produk atau jasa yang ditawarkan.

 

10. Menawarkan tester

Cara promosi dengan memberikan tester bertujuan untuk melihat reaksi konsumen saat mencicipinya. Pada setiap pembelian yang telah dilakukan oleh customer, Anda bisa menyertakan sedikit produk baru dalam kemasan kecil.

 

Berbeda dengan souvenir atau hadiah, tester dibuat untuk memperkenalkan produk baru kepada calon pembeli. Jika respon konsumen terlihat positif, Anda bisa melanjutkan promosi untuk menggebrak pasar dan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

 

11. Harga khusus untuk pembelian grosir

Harga grosir adalah harga khusus yang diberikan kepada konsumen saat membeli produk dalam jumlah tertentu. Promosi dengan harga grosir lebih menguntungkan dua pihak sekaligus, baik itu dari penjual atau pembeli.

 

Jika Anda ingin produk terjual lebih cepat, strategi untuk barang grosiran ini wajib untuk dicoba. Promosi dengan harga grosir umumnya digunakan oleh bisnis alat tulis maupun fashion.

 

12. Memberikan giveaway

Giveaway merupakan cara promosi dengan memberikan produk secara gratis atau cuma-cuma. Produk yang dibagikan untuk giveaway ini bisa berupa produk sendiri atau produk orang lain, sehingga konsumen harus mengikuti segala ketentuan untuk mengikutinya.

 

Sesuatu yang baik akan berbuah manis, begitupun dengan promosi yang Anda lakukan. Jangan sia-siakan kesempatan karena banyak cara ampuh yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan promosi dalam waktu singkat.

 

Itulah 12 cara promosi produk yang bisa Anda coba untuk meningkatkan penjualan. Perlu diingat bahwa jika promosi dilakukan dengan benar, maka akan mendatangkan keuntungan pada bisnis Anda.

 

Sumber : kompas.com

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 12 Cara Promosi yang Efektif Agar Jualan Laris Manis

Trending Now

Iklan

iklan