Iklan

iklan

Bersaing (Harus) Menjadi Pemenang

Infobandaaceh
Tuesday, June 8, 2021 | June 08, 2021 WIB Last Updated 2021-09-18T04:44:50Z
BANDA ACEH - Definisi persaingan adalah suatu proses sosial yang dilakukan oleh (individu atau kelompok) yang saling berlomba untuk melakukan sesuatu yang terbaik agar dapat mencapai tujuan yaitu kemenangan.

Persaingan bukan hanya terjadi dalam sebuah kompetisi atau pertandingan, akan tetapi di dalam kehidupan juga terjadi persaingan antar individu seperti persaingan yang terjadi di lingkungan sekitar, baik di kampus, disekolah, atau dikantor. Selain itu persaingan kelompok dapat dikatakan dengan persaingan bisnis atau persaingan perusahaan.

Dewasa ini, seorang sudah dituntut untuk bersaing antara satu sama lain, bukan untuk mencari tahu siapa yang menang dan siapa yang  kalah, akan tetapi perkembangan zaman mengharuskan seseorang seyogyanya menjadi pemenang sejati dengan versi terbaik.

Tidak hanya itu persaingan juga merupakan suatu proses memperbaiki diri, sebagaimana fungsi yang sebenarnya. Maka dari itu persaingan dapat disimpulkan bahwa persaingan merupakan bagian terpenting untuk seseorang meraih kesuksesan.

Dapat dilihat dari beberapa kelompok yang saat ini sedang bersaing, mereka terus memperbaiki kelemahan agar bisa bertahan dalam dunia persaingan, mereka juga pantang menyerah dan seakan tidak mau kalah satu sama lain demi menjadi sebagai pemenang.

Tetapi ada juga seseorang yang membenci dan tidak menyukai adanya pesaing, orang tersebut mungkin saja takut disaingi atau tersaingi, dan merasa tidak nyaman karena singgahsananya ada yang menganggu. Dapat dilihat biasanya pesaing itu hanya bisa meniru.

Nah orang-orang yang seperti ini merupakan salah satu contoh orang yang berpikir sempit atau tidak memiliki wawasan dan pengetahuan terkait dunia persaingan yang sesungguhnya.

Pada dasarnya kompetitor itu tidak selalu menyebabkan kamu kalah dan gagal, justru dengan adanya orang yang menyaingi kamu artinya kamu adalah panutan banyak orang, hanya saja mereka ingin juga sepertimu sehingga diperlukan banyak cara untuk menyaingi kamu.

Besyukurlah jika saat ini banyak pesaingan, karena semakin banyak pesaingan yang terjadi maka semakin cepat juga kamu memperbaiki diri sendiri. Banyak orang yang gagal karena tidak ada pesaing, hal itu disebabkan tidak ada sesuatu yang harus diperbaiki dikarenakan tidak ada kritikan atau saran dari sesama pesaing.

Tidak adanya pesaingan dapat diibaratkan seperti seseorang hanya berjalan stagnan ditempat, merasa paling hebat sendiri, merasa paling sukses, karena gak ada yang bisa menandingi.

Berbeda jika kamu berada di dalam dunia persaingan maka seseorang akan selalu merasa khawatir apakah dia bisa menjadi terbaik atau tidak, dan merasa cemas apakah dia bisa mempertahankan keberhasilan kemarin atau tidak.

Tentu dalam sebuah persaingan, seseorang harus bersaing secara sehat, tidak memiliki mental kecil dan tidak meraiih sesuatu dengan  cara yang kotor atau tidak sportif. Bersikaplah kesatria jika ingin menang dan tidak memiliki sifat sombong.

Dan jika seseorang mengalami kekalahan, jangan jadi pecundang yang tidak bisa mengakui kekalahan.

Penulis: Harir Rizkytullah, Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bersaing (Harus) Menjadi Pemenang

Trending Now

Iklan

iklan