Iklan

iklan

Siap-siap! Startup Digital Akan Jadi Mata Kuliah Wajib Mahasiswa

Infobandaaceh
Friday, May 21, 2021 | May 21, 2021 WIB Last Updated 2021-09-18T04:45:09Z

Jakarta – Isu terkait Gerakan 1000 Startup Nasional muncul dalam pemberitaan 24 jam terakhir. Topik yang menjadi sorotan media adalah rencana Kemendikbudristek dan  Kemenkominfo yang menjadikan startup digital sebagai mata kuliah wajib bagi mahasiswa.

Kemendikbudristek dan Kemenkominfo mewacanakan tahun 2022 akan diberlakukan mata kuliah wajib baru tentang startup digital. Hal tersebut dilakukan agar mendorong partisipasi mahasiswa dalam membangun startup. Kemendikbudristek juga menargetkan tahun depan sudah ada setidaknya 100 ribu mahasiswa yang mengikuti mata kuliah tersebut.

“Nantinya, tim yang lolos seleksi pengembangan  startup  (mahasiswa  yang  mengikuti  mata kuliah)  akan  mendapat bimbingan  yang  lebih  intensif  agar  bertahan  jangka  panjang  serta bisa masuk ke platform Kedaireka atau inkubator   bisnis kampus,” tutur Sekjen Dikti Kemendikbudristek, Paristiyanti Nurwardani yang dikutip Cnnindonesia.com dari keterangan tertulis, Rabu (12/05/2021).

Ia juga mengatakan bahwa penyelenggaraan mata kuliah startup digital akan bekerja sama dengan program bertajuk 1000 Startup Digital. Program bersama Kementerian Kominfo disebut jadi wadah pemberi pendampingan  dan pemberdayaan dunia startup  digital  di  Indonesia,  yang  terdiri atas  enam  tahapan.

Diantaranya, ignition:  seminar  daring  dari  pelaku  dan  regulator industri   startup,   networking:   kegiatan   antar   peserta,   workshop:   pembekalan pengetahuan   teknis   dan   nonteknis   = membangun   startup,   hacksprint:   aktivitas membuat produk minimum siap uji, bootcamp bimbingan mentor, dan incubation: mentoringkhusus. (Kominfo RI)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Siap-siap! Startup Digital Akan Jadi Mata Kuliah Wajib Mahasiswa

Trending Now

Iklan

iklan