Iklan

iklan

Penerimaan Mahasiswa Baru, Rektor USK Ingatkan Masyarakat Tidak Percaya Calo Yang Imingi Lulus PTN

Infobandaaceh
Wednesday, March 17, 2021 | March 17, 2021 WIB Last Updated 2021-03-17T05:51:26Z


BANDA ACEH - Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng mengingatkan masyarakat khususnya para orang tua, yang anaknya hendak melanjutkan studi ke perguruan tinggi untuk tidak percaya pada calo yang menawarkan jasa kelulusan. (Banda Aceh, 16 Maret 2021).

Hal ini disampaikan Rektor, seiring mulai berlangsungnya proses seleksi penerimaan mahasiswa baru baik melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Di masa-masa seperti inilah, ungkap Rektor, banyak calo yang mulai memperdaya masyarakat dengan iming-iming untuk lulus di berbagai perguruan tinggi. Padahal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah menegaskan, bahwa proses seleksi masuk perguruan tinggi telah tersistem dengan sangat baik, yang tidak memungkin siapapun untuk melakukan kecurangan.

“Saya ingin para orang tua untuk tidak percaya kepada orang-orang yang mengaku bisa meluluskan. LTMPT telah berkomitmen untuk menyelenggarakan proses seleksi ini secara akuntable. Jadi, tidak ada calo atau apapun namanya yang bisa meluluskan,” ungkap Rektor yang merupakan Wakil Ketua I LTMPT.

Salah satu modus yang kerap dilakukan para calo, ungkap Rektor, yaitu mereka menjanjikan kelulusan dengan meminta sejumlah uang. Lalu seolah-olah mereka mengurusi proses seleksi ini sehingga nama peserta yang bersangkutan bisa lulus. Padahal, sejatinya mereka tidak melakukan apapun. Tapi hanya menunggu pengumuman kelulusan.

“Jika anak tersebut lulus, seolah itu adalah jasa dia. Jika tidak, maka dia tidak bertanggung jawab dan pergi membawa uang yang telah diberikan. Jadi, jangan pernah percaya. Kalau anak kita pintar, Insya Allah dia akan lulus dengan sendirinya, ” ungkap Rektor.

Selain itu, Rektor juga menegaskan kepada para kepala sekolah maupun guru untuk tidak berlaku curang yaitu dengan mengubah nilai siswanya. Apabila hal tersebut terjadi, maka sekolah yang bersangkutan akan di-blacklist. Bahkan, sekalipun siswanya telah dinyatakan lulus, lalu dikemudian hari terbukti curang maka kelulusan siswa tersebut dapat dibatalkan.

“Jadi saya ingatkan kepala sekolah maupun guru, jangan pernah mengubah nilai siswanya. Karena kita  ingin memberikan anak kita yang terbaik. Jangan sampai mereka yang sudah lelah belajar lalu tidak lulus karena dicurangi,” tegas Rektor.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua LTMPT Prof. Mohamad Nasih yang mengatakan, LTMPT sebagai lembaga yang bertanggung jawab mengurusi proses seleksi masuk PTN ini, tidak pernah melakukan kesepakatan kerja sama baik dengan instansi maupun perorangan untuk meluluskan sesorang ke PTN.

“Kursi di PTN dan program studi favorit tidak diperjualbelikan,” tegasnya. (Humas USK)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penerimaan Mahasiswa Baru, Rektor USK Ingatkan Masyarakat Tidak Percaya Calo Yang Imingi Lulus PTN

Trending Now

Iklan

iklan