Iklan

iklan

Bustanussalatin, Taman Bersejarah di Banda Aceh Kini Tampil Lebih Modern

Infobandaaceh
Sunday, September 6, 2020 | September 06, 2020 WIB Last Updated 2021-10-09T06:46:17Z

Taman Sari Bustanussalatin
Foto : Dok. Infobandaaceh

BANDA ACEH, infobandaaceh.com - Bagi anda yang sedang berkunjung ke Kota Banda Aceh, tidak ada salahnya singgah di Taman Bustanussalatin, salah satu taman bersejarah di Kota Banda Aceh dan menjadi salah satu ikon kota tersebut. Dulunya taman ini dikenal dengan nama taman Ghirah atau lebih populer orang menyebutnya Taman Sari.

Taman ini dibangun pada masa kerajaan Aceh oleh Sultan Iskandar Muda tahun 1514M. Pada masa tersebut, kawasan Taman Sari masih tampa bangunan, hanya terdapat tanaman rindang yang menjadi tempat bermain keluarga sultan.

Komplek Taman Sari sendiri membentang sepanjang 3.000 meter mulai dari sepanjang Krueng Daroy, melintasi gunongan, pintu khop, kandang, gajah dan mesjid raya.

Tempat ini terus mengalami perubahan dan pembenahan dari masa ke masa, terakhir renovasi besar dan dibangun Gedung Bustanussalatin pada tahun 2016 lalu, nantinya berdasarkan informasi yang Infobandaaceh dapat, gedung ini akan digunakan sebagai museum yang menyimpan informasi sejarah dan foto pembangunan Kota Banda Aceh dari masa ke masa.

"Bustanussalatin" sendiri berasal dari bahasa melayu, dalam bahasa Arab disebut "Bustan Al Salatin" yang memiliki arti "Taman Raja-Raja".

Wisatawan yang berkunjung ke Taman Sari atau Taman Bustanussalatin bisa menikmati fasilitas seperti tempat bermain anak seperti mainan mobil mobilan, selain itu juga bisa naik ke atas gedung untuk sekedar menikmati pemandangan kota atau ber-swa foto yang kebetulan tempatnya instagramable banget, hehe.

Dari atas gedung juga anda bisa menikmati Pemandangan Mesjid Raya Baiturrahman serta tiang warna-warni bekas hotel Aceh. Selamat menikmati, jangan lupa jaga selalu kebersihan ya!






 

 

 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bustanussalatin, Taman Bersejarah di Banda Aceh Kini Tampil Lebih Modern

Trending Now

Iklan

iklan