Iklan

iklan

HIMPUNAN MAHASISWA STATISTIKA (HIMASTA) USK GELAR STATISTICS EXPLORE 2022 SECARA HYBRID DI HARI STATISTIK NASIONAL

Infobandaaceh
Saturday, October 1, 2022 | October 01, 2022 WIB Last Updated 2022-10-01T07:08:49Z



BANDA ACEH - Himpunan Mahasiswa 
Statistika (Himasta) Universitas Syiah Kuala (USK) sukses menyelenggarakan kegiatan tahunan Statistics Explore 2022 yang berlangsung selama tiga hari dengan mengangkat tema “The Existence of Edutech in the Post-Pandemic Era: An Artificial Intelligence and Data Science”.

 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini Himasta menghadirkan tujuh rangkaian acara utama yaitu seminar nasional entrepeunershipInternational Student Forum, lomba desain infografis, Data Science CompetitionBigdata Competition, pelatihan software Python dan Expo.

 

Statistics Explore 2022 dibuka langsung oleh Wakil Rektor I Universitas Syiah KualaProf. Dr. Ir. Aggusabti, M.Si. Dalam sambutannya beliau berharap melalui kegiatan ini dapat mempromosikan statistika sebagai ilmu penting dadengan adanya berbagai kemajuan teknologi peran data sangatlah penting sebagai intervensi berbagai strategi dalam pembangunan kedepan.

 

 

Beliau juga mengatakan bahwa para generasi muda harus memiliki kapasitas ilmu yang terus dikembangkan dengan banyaknya kemajuan teknologi sekarang ini. 

 

 

Setelah sukses dilaksanakannya opening ceremony, para tamu undangan didampingi langsung oleh Wakil Dekan III FMIPA dan Ketua Jurusan Statistika USK untuk meresmikan Expo Stat Explore yang terdiri dari 20 stand.

 

 

Arief Rahby selaku ketua Panitia kegiatan mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk upaya dalam beradaptasi padaperkembangan teknologi zaman post-pandemic dengan pengaplikasian Artificial Intelligence dan peran Data Sains.

 

 

Pada kegiatan ini, Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh supporter utama yaitu Binar Academy, Badan Pusat Statistika Provinsi Aceh dan PT Bank Aceh Syariah serta para media partner yang telah mendukung penuh kegiatan ini. 

 

 

Tak lupa pula, apresiasi kepada seluruh peserta dan semua pihak yang telah berpartisipaasi dalam rangkaian acara Statistics Explore 2022Meski kegiatan ini perdana dilakukan secara hybrid, tetapi panitia berhasil mengumpulkan 2208 pesertadalam semua rangkaian acara.

 


Pada siang hari, kegiatan Seminar Nasional Entrepeunership dibuka langsung oleh Prof. Dr. Ir. Marwan, IPU selaku Rektor Universitas Syiah Kuala dengan menghadirkan Founder Binar Academy yaitu Alamanda Shantika Santoso dan Kepala Badan Pusat Statistika Provinsi Aceh yaitu Dr. Ahmadriswan Nasution S.Si., M.T sebagai pemateri. Seminar ini mengajak generasi muda untuk menggandeng startup dalam memajukan perekonomian Indonesia.

 

  

Founder Binar Academy sekaligus Mantan Vice President dari Go-Jek memberikan tips untuk membangun startup yaitu terlebih dahulu meng-eksplore diri sendiri agar aplikasi yang dibangun nantinya tidak hanya sekedar  menjadi ide saja tetapi juga memiliki visi yang jelas.

 

 

Dalam seminar ini, Kepala BPS Provinsi Aceh membahas Tentang Peningkatan peran literasi masyarakat dengan 4K yaitu Konsep, Kompetensi, Komitmen dan Kelembagaan.

 

 

Acara ini di tutup pada Rabu, 28 September 2022 oleh Wakil Dekan III Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala, Dr.rer. nat. Ilham Maulana, S.Si. Dalam penutupan Statistics Explore 2022 diumumkan pemenang Data Science CompetitionBigdata Competition dan lomba desain infografis.

 

Untuk cabang lomba desain infografis, juara 1 dimenangkan oleh peserta dari Universitas Tadulako. Juara 1 Bigdata Competition dimenangkan oleh UniversitaGajah MadaSedangkan untuk Data Science Competition, juara 1 dan piala bergilir diraih oleh peserta dari SMAN Modal Bangsa Aceh.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • HIMPUNAN MAHASISWA STATISTIKA (HIMASTA) USK GELAR STATISTICS EXPLORE 2022 SECARA HYBRID DI HARI STATISTIK NASIONAL

Trending Now

Iklan

iklan