Iklan

iklan

Kloter Pertama JCH Kota Banda Aceh Berangkat ke Tanah Suci, Jemaah Termuda Berusia 24 Tahun

Infobandaaceh
Wednesday, June 15, 2022 | June 15, 2022 WIB Last Updated 2022-06-15T05:28:39Z


BANDA ACEH
- Sebanyak 193 orang Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Banda Aceh Kloter pertama berangkat ke tanah suci, Selasa (14/06/2022).

 

Pada proses keberangkatan yang dipusatkan dalam kawasan Komplek Balai Kota ini, ratusan anggota keluarga terlihat melepas dengan haru.

 

Sebelumnya, seluruh jamah telah dinyatakan bebas dari Covid 19 yang dibuktikan dengan hasil PCR satu hari sebelum diberangkatkan. Panitia kesehatan dari Dinas Kesehatan langsung memberikan hasil PCR para jamaah sebelum diberangkatkan.

 

Dari amatan langsung Tim Media Center Kota Banda Aceh, tampak beberapa petugas memobilisasi para jamah dan memfasilitasi langsung beberapa orang jamaah yang membutuhkan pelayanan khusus.

 

Saat dijumpai di sela-sela aktifitas pengawasan yang dilakukannya, Kabid Pencegahan dsn Pengendalian Penyakit (P2P) drg Supriady R, M. Kes, menyampaikan bahwa seluruh tim yang berangkat saat ini dalam kondisi sehat dan bebas dari COVID-19 yang dibuktikan dengan hasil tes PCR yang dilakukan sehari sebelumnya.

 

“Alhamdulillah, kondisi jamaah kloter pertama yang berangkat saat ini dalam kondisi sehat, sebelum masuk embarkasi sebelumnya telah melewati proses pemeriksaan kesehatan secara ketat,” katanya.

 

Seperti diketahui untuk tahun ini, seluruh calon jamaah haji yang akan berangkat dan sebelum masuk embarkasi harus bebas dari Covid-19 yang ditandai dengan pemeriksaan PCR satu hari sebelum diberangkatkan.

 

Supriady juga menyampaikan bahwa, bila ada yang positif untuk kloter pertama ini, maka akan dirotasi ke kloter selanjutnya dengan catatan bila setelah empat hari setelah dia positif dilakukan pemeriksaan ulang ternyata negatif bisa diundur keberangkatan, namun bila masih dinyatakan positif juga maka akan ditunda keberangkatannya ke tahun depan.

 

“Bila ada jamaah haji yang dinyatakan positif Covid-19 akan dirotasi pada keberangkatan selanjutnya, namun bila hasil PCR nya kembali dinyatakan positif COVID-19 lagi, maka akan direkomendasi tunda keberangkatannya ke tahun depa,” terangnya.


Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Lukman SKM., M.Kes saat dimintai keterangannya mengatakan bahwa, seluruh jamaah calon haji yang masuk dalam kloter pertama sebanyak 193 orang dan itu sudah termasuk di dalamnya petugas yang akan mendampingi para jamaah di perjalanan ke tanah suci.

 

“Tidak hanya para jamaah yang diperiksa kesehatannya, para pendamping juga kita periksa kondisi kesehatannya dan mengikuti ketentuan seperti yang berlaku,” pungkasnya.

 

Lukman juga menerangkan bahwa, sebelum diberangkatkan, Dinkes kota Banda Aceh juga telah melakukan bimbingan manasik haji terkait kondisi Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi dan salah satu persyaratan dalam pemberangkatan calon jamaah haji tahun 2022 ini jauh lebih ketat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

 

Salah satunya adalah calon jamaah haji yang akan diberangkatkan harus sudah melakukan vaksinasi booster Covid-19 dan lolos tes PCR sebelum melakukan penerbangan ke tanah suci.

 

“Kebijakan tersebut diambil, karena pelaksanaan ibadah haji tahun 2022 ini masih dalam suasana pandemi Covid-19,” ungkapnya.

 

Sebelumnya, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyampaikan bahwa Jamaah Calon Haji Kota Banda Aceh tahun ini tergabung dalam Kloter 1, 2 dan 6 embarkasi Banda Aceh.

 

Jamaah Haji Kota Banda Aceh yang berangkat tahun ini berusia maksimal 65 tahun sesuai dengan kebijakan Arab Saudi yang membatasi usia, sedangkan yang termuda tercatat Muhammad Ghazi Al Ghifari berumur 24 tahun warga Gampong Lambaro Skep Kecamatan Kuta Alam.

 

“Sungguh sangat bahagia bapak ibu bisa berangkat ke tanah tanah suci untuk menunaikan ibadah haji setelah menunggu bertahun-tahun lalu ditambah dua tahun pandemi Covid-19,” ujar Aminullah.

 

Wali Kota juga meminta jamaah calon haji terus menjaga kesehatan selama di tanah suci. Jamaah dianjurkan memenuhi asupan cairan tubuh agar tidak mengalami dehidrasi mengingat cuaca di tanah suci cukup panas.

 

Wali Kota juga mendoakan para jamaah calon haji agar dimudahkan dalam perjalanan, melaksanakan rukun haji serta mengharapkan para jemaah agar senantiasa berdoa di tempat-tempat yang telah ditentukan sebagai tempat makbulnya doa.(Rat/Hz)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kloter Pertama JCH Kota Banda Aceh Berangkat ke Tanah Suci, Jemaah Termuda Berusia 24 Tahun

Trending Now

Iklan

iklan