Iklan

iklan

Aglonema, Jenis Tanaman Hias Yang Cantik Dan Populer Di Gampong Alue Dua Kecamatan Langsa Baro

Infobandaaceh
Tuesday, February 15, 2022 | February 15, 2022 WIB Last Updated 2022-02-15T06:03:06Z

LANGSA - Tanaman hias sedang menjadi primadona. Bukan hanya untuk pajangan,
tanaman hias juga menjadi bisnis yang menjanjikan. Ada banyak sekali jenis tanaman hias yang tidak hanya indah namun bernilai fantastis.

Salah satu yang banyak diburu yaitu aglonema atau sri rezeki. Aglonema adalah tanaman hias dari jenis talas-talasan yang berada di
hutan hujan tropis. Melansir dari sidolitkaji.litbang.pertanian.go.id, nama
“aglonema” diambil dari bahasa Yunani.

Kata Aglo berarti terang dan Nema artinya benang. Di Indonesia, tanaman ini juga sering disebut sebagai tanaman sri rezeki. Tanaman ini memiliki akar serabut dengan batang tak berkambium.

Bentuk daun dari sri rezeki menyirip dan tersusun atas pembuluh pengangkut yang acak. Saat ini bunga aglonema banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias.

Motif daun yang bercorak dengan warna yang menarik membuat orang senang memeliharanya.
Menurut Leman (2006) dalam bukunya yang berjudul Aglonema Tanaman Pembawa Keberuntungan, klasifikasi tanaman ini dalam ilmu taksonomi sebagai berikut:

• Filum : Plantae
• Divisi : Spermatophyta
   Sub-divisi : Angiospermae
• Kelas : Monocotyledoneae
• Ordo : Araceales
• Famili : Araceae
• Genus : Aglaonema

A. Ciri-Ciri Aglonema

Meskipun spesiesnya sangat banyak, namun tanaman sri rezeki sebenarnya mudah dikenali. Mengutip dari skripsi berjudul Budidaya Tanaman Hias Aglaonema di Deni Nursery and Garedening karya Anita Tri Puspitasari, ciri  morfologi dari tanaman sri rezeki seperti berikut ini:

1. Akar
Tanaman ini termasuk dalam kelompok tanaman monokotil dengan akar  serabut. Akar yang sehat memiliki warna putih dan berisi sedangkan akar yang kurang sehat berwarna coklat.

2. Batang
Sri rezeki memiliki batang basa yang lunak dan berair. Ukuran batangnya  pendek dan tertutup daun. Warna batangnya umumnya putih, hijau muda, atau merah muda tergantung dari jenis spesiesnya.

3. Daun
Daya tarik dari tanaman ini ada pada daunnya. Bentuk daun sri rezeki  sangat bervariasi, ada yang bilat telur, lonjong hingga bentuk delta. Permukaan  daunnya licin, tidak berbulu, dan tepian rata. Daun tanaman ini tersusun selangseling dan saling behadapan menutupi batang tanaman. Daun dari tanaman sri  rezeki umunya becorak dan berwarna indah hingga membentuk gradasi yang menarik untuk dipandang.

4. Bunga
Bunga aglonema memiliki bentuk bulir dan tumbuh di area ketiak daun. Bunga ini termasuk dalam bunga majemuk. Pada bunganya dilapisi oleh  selundang bunga atau spatha yang fungsinya untuk menarik dan sebagai perangkap serangga. Secara tidak langsung bunga ini berfungsi juga untuk pertahanan diri.

5. Buah dan Biji
Buah dari tanaman sri rezeki memiliki bentuk bulan lonjong. Awalnya  berwarna hijau kekuningan, seiring dengan bertamabah umur buah berubah menjadi merah. Buah ini bisa dipetik dan di dalam buah yang sudah matang 
terdapat biji yang bisa digunakan untuk pembiakan tanaman.

B. Jenis Aglonema
Aglonema atau aglaonema memiliki beragam jenis dengan ciri khasnya  masing-masing. Adapun jenis-jenis tersebut sebagai berikut

1. Aglaonema Widuri atau Red Peacock
Tanaman sri rezeki jenis ini yang paling sering dicari. Ciri khas dari tanaman ini yaitu tulang daun yang berwarna merah membuatnya semakin indah.

Bagi pecinta tanaman hias, tanaman ini sangat berharga bahkan banyak orang yang rela merogoh kocek hingga ratusan juta untuk mendapatkan tanaman indah ini.

2. Aglaonema Cinta
Disebut sebagai aglaonema cinta karena daun dari tanaman ini melengkung pada kedua pangkal menyerupai hati. Tanaman ini juga sangat cantik
dengan cokrak yang unik dan warna yang mencolok. Biasanya tanaman ini disimpan pada ruangan untuk mempercantik ruang tamu.

3. Aglaonema Suksom
Sri rezeki yang satu ini juga dijual dengan harga yang tidak murah. Berbeda dengan jenis lainnya, aglaonema suksom ini tidak memiliki corak.
Daunnya polos namun memiliki warna merah yang mencolok. Daun tanaman ini tidak memiliki banyak klorofil.

4. Aglaonema Claudia
Jika jenis suksom memiliki warna merah menyala, sri rezeki jenis claudia justru sebaiknya. Warna daun tanaman ini hijau pucat dengan tulang daun berwarna pink. Asalnya dari Thailand dan sama dengan aglonema lainnya, jenis
ini juga banyak diburu bahkan saat masih bibit.

5. Agalonema Anyamanee
Pesona dari tanaman sri rezeki yang satu ini ada pada daunnya yang lebar dan berwarna. Tidak tanggung-tanggung tanaman ini memiliki tiga warna yang cantik yaitu hijau, putih, dan merah. Sama seperti jenis lainnya, anyamanee juga
memiliki harga yang fantastis.

6. Aglaonema Pride of Sumatera
Tanaman ini memiliki daun yang tidak begitu lebar. Warna daun bagian atas hijau tua sedangkan bagian bawahnya berwan merah maroon. Batang tanaman ini juga berwarna merah dengan sedikit gradasi putih pada bagian
bawahnya.

Aglaonema jenis ini menjadi daya tarik bukan hanya di dalam namun juga luar negeri. Hal ini dibuktikan dengan dimenangkannya kontes tanaman hias internasional di Belanda pada 2002 silam.

7. Aglaonema Lipstik
Disebut aglaonema lisptik karen pada tepi tanaman ini memiliki warna merah cerah sehingga menyerupai bibir yang mengenakan lipsik. Meskipun menjadi favorit banyak orang namun harganya masih lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis lainnya.

8. Aglaonema Legacy
Sri rezeki jenis ini sekilas mirip dengan jenis widuri. Namun bentuk daun Legacy lebih lebar pada bagian pankal dan ujung runcing. Warna tulang daun merah sedangkan bagian daunnya memiliki bercak berwarna hijau muda.

9. Aglaonema Adelia
Daun jenis adelia mirip dengan legancy hanya saja pada jenis ini daunnya lebih panjang dan ramping. Daun sri rezeki adelia memanjang sampai 30 cm dengan corak dominan hijau tua serta bercak kuning dan merah muda. Tulang daun tanaman ini juga berwarna merah sehingga membuat penampilannya menarik.

10. Aglaonema Nitidum
Tanaman yang satu ini cukup spesial seba ia bisa tumbuh dalam kondisi gelap alias minim matahari. Maka dari itu, nitidum cocok untuk diletakkan di dalam ruangan.

Harga Aglonema

Harga tanaman aglonema sebenarnya sangat variatif. Harga ditentukan oleh jenis dari tanaman ini. Semakin indah bentuk dan penampilan dari tanaman sri rezeki maka harganya akan semakin tinggi. Sebagai patokan, dilansir dari iprice.co.id harga tanaman ini mulai dari Rp150.000 sampai Rp1.500.000.

Untuk mendapatkan tanaman hias ini anda bisa membelinya langsung ke tempat jual beli tanaman hias atau membeli di e-commerce.

Namun jika Anda hendak membeli di online shop, sebaiknya lihat terlebih  dahulu deskripsi dan penilaian dari toko tersebut. Pastikan juga pengiriman aman  sehingga tanaman akan tetap cantik saat mendarat di rumah anda.

Penulis : Chairman Ansari (Mahasiswa PAI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Aglonema, Jenis Tanaman Hias Yang Cantik Dan Populer Di Gampong Alue Dua Kecamatan Langsa Baro

Trending Now

Iklan

iklan