Iklan

iklan

Tri Rismaharini Jadi Mensos, Begini Sepak Terjangnya

Infobandaaceh
Tuesday, December 22, 2020 | December 22, 2020 WIB Last Updated 2020-12-22T10:47:55Z

Foto : Biro Setpers

Jakarta
- Presiden Joko Widodo mengumumkan menteri baru untuk posisi Kementerian Sosial (Kemsos) di Istana Presiden DKI Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Pilihan tersebut jatuh kepada Tri Rismaharini diberikan tanggung jawab sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Peter Batubara yang saat ini tengah terjerat kasus korupsi bantuan sosial (bansos).

"Kita semua sudah tahu, nama Ibu yang akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Sosial," ujar Presiden Jokowi.

Sosok ini tidaklah asing di telinga masyarakat, khususnya Kota Surabaya, karena beliau adalah Mantan Walikota Surabaya selama dua periode berturut-turut.

Risma juga tercatat sebagai wanita pertama yang dipilih langsung menjadi wali kota melalui pemilihan kepala daerah sepanjang sejarah demokrasi Indonesia di era reformasi.

Kemudian, beliau adalah kepala daerah perempuan pertama di dalam negeri yang berulang kali masuk dalam daftar pemimpin terbaik dunia.

Prestasi yang ditorehkan pun tidak main-main pada tanggal 14 September 2018 Tri Rismaharini terpilih secara aklamasi sebagai Presiden UCLG-ASPAC untuk masa bakti 2018-2020 menggantikan Gubernur Provinsi Jeju, Korea Selatan, Won Hee-ryong.

Latar belakang pendidikannya, menempuh pendidikan sarjana di jurusan Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan lulus pada tahun 1987. Ia kemudian melanjutkan pendidikan pascasarjana Manajemen Pembangunan Kota di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, lulus pada tahun 2002.

Pada 4 Maret 2015, ia mendapatkan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS). Gelar kehormatan tersebut diberikan dalam bidang Manajemen Pembangunan Kota di Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. (InfoPublik)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tri Rismaharini Jadi Mensos, Begini Sepak Terjangnya

Trending Now

Iklan

iklan